Mahar Pernikahan Yang Baik Dan Paling Bagus Menurut Islam

By | December 20, 2016

mahar-pernikahan-yang-baik-dan-paling-bagus-menurut-islam

Mahar Pernikahan Yang Baik Dan Paling Bagus Menurut Islam

Pernikahan yang baik adalah yang dilandasi dengan motivasi yang baik pula, akan tetapi bagaimana jika suatu pernikahan terjadi desakan yang membuat para calon pengantin menjadi terasa terbebani? Semua orang sejatinya ingin menikah, baik laki-laki maupun perempuan, begitulah anggapan kebanyakan masyarakat saat ini. Akan tetapi menurut beberapa orang pernikahan tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Ada banyak rintangan dan tantangan dalam menuju gerbang pernikahan.

Pernikahan adalah momen yang sangat berharga dalam hidup ini, sekali seumur hidup dan momen ini paling dinanti bagi laki-laki maupun perempuan. Siapa yang tidak ingin hidup bersama sesorang yang kita cintai hingg maut menjemput memisahkannya. Hidup bersama melewati bahtera kehidupan, merasakan suka duka bersama sang kekasi, serta melewati gelombang samudra yang menerpa rumah tangga. Meskipun tidak ada pernikahan yang mulus adem ayem tanpa masalah, namun nilai dari pernikahan merupakan sebuah hal yang sakral yang harus dijaga. Ketika anda akan menyiapkan pernikahan, ada satu hal yang tidak boleh ditinggalkan yakni mahar pernikahan / mas kawin yang akan di serahkan kepada sang mempelai perempuan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa saja yang wajib anda ketahui yang berkaitan tentang mahar pernikahan yang baik dalam islam. Mahar pernikahan atau sering disebut mas kawin adalah salah satu dari syarat sah pernikahan yang harus dipenuhi sang mempelai laki-laki di Indonesia mahar pernikahan paling umum biasanya menggunakan uang, alat sholat, Al Qur’an, Dan Logam mulia (Emas,Perak,Berlian,dll). mahar pernikahan biasanya kita dengar saat penyebutan mahar pernikahan dalam ijab qobul. Karena itu mahar pernikahan wajib ada dalam prosesi pernikahan. Mahar bukan hanya sekedar hadiah pemberian sang mempelai laki-laki kepada sang mempelai permpuan, namun dibalik itu terkandung makna yang mendalam dari mahar yang diberikan pada saat pernikahan.

Apa mahar pernikahan yang baik menurut islam? Berikut ini kutipan hadist bisa kita ambil pelajaran yang menerangkan tentang mahar pernikahan yang beik menurut islam.

‘Uqbah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“sebaik-baik mahar adalah yang maping mudah”

Riwayat Abu Daud lafadz

“sebaik-baik pernikahan adalah yang paling mudah”

(HR.Abu Daud,no. 217;Al-Hakim, 2: 181-182)

Menurut penjelasan diatas adalah mahar yang paling baik menurut islam ialah yang paling mudah dipenuhi. Inilah yang dipersiapkan sang mempelai laki-laki kepada wanita calon istrinya, hendaklah pihak wanita menerimanya dngan ikhlas. Jangan sampai sang calon suami terbebani dalam menuju pernikahan dengan tanggungan mahar pernikahan.

Jka kita lihat sejarah Rasulullah SAW dahulu memberikan mahar kepada istrinya hanyalah 500 Dirham atau 15 juta rupiah. Mahar tersebut termasuk dalam kategori mahar sederhana pada saat itu.

Disisi lain dengan memduahkan mahar mempunyai banyak manfaatnya yaitu:

Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Memudahkan pemuda untuk menikahi wanita idamannya.

Dengan mudahnya mahar akan menjadikan cinta langgengya kasih sayang selama menjalin bahtera rumah tangga.

Demikian informasi mengenai penjelasan tentang mahar pernikahan yang baik dan paling bagus dalam islam, semoga bermanfaat. Bagi yang belum menikah segeralah menikah, kami doakan, semoga mendapatkan calon pasangan dengan mahar sayng mudah, sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *