Cara Membuat Mahar Burung Merpati Dari Uang Kertas

By | January 25, 2017

cara membuat mahar burung merpati

Cara Membuat Mahar Burung Merpati

Salam bahagia!!! Pada kesempatan kali ini maharpernikahanunik.com akan berbagi postingan tentang tutorial membuat mahar pernikahan atau lebih tepatnya cara membuat mahar burung merpati dari uang kertas. Pada tutorial postingan kali ini “AM Wedding” akan menjelaskan langkah-langkah membuat mahar burung merpati dari uang kertas berbentuk burung merpati yang saling berhadapan. Mahar bentuk burung merpati ini dapat dibuat dengan menggunakan uang kertas nominal kurang lebih Rp.200.000 (Untuk jumlahnya tergantung anda, bisa pecahan 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu terserah anda) bila nominal anda lebih anda bisa mensiasatinya dengan menjadikan lebihan uang menjadi hiasan pinggir, bila jumlah kertas uang anda dirasa kurang, anda bisa menukar dengan nominal yang lebih kecil sehingga lembaran menjadi banyak,misal pecahan 50 ribu diganti dengan 5 lembar pecahan 10 ribu.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan-bahan dan alat untuk membuat mahar bentuk burung merpati.

Apa saja yang harus dipersiapkan???

Uang kertas atau uang logam

Persiapkan uang kertas sebagai bahan utama dan uang koin bila ingin menambahkannya sebagai pemanis rangkaian mahar. Sebagai contoh saja, pada kali ini saya akan menggunakan jumlah nominal mahar Rp.200.000. Total uang mahar saya pecah lagi menjadi recehan-recehan ribuan hingga puluha  ribu dengan rincian sebagai berikut:

  • Uang seribu rupiah sebanyak 40 lembar (40 ribu) sebagai rangkaian sayap dari burung serta hiasan tambahan lainnya.
  • Uang 5 ribu rupiah sebanyak 6 lembar (30 ribu) sebagai rangkaian ekor dari burung merpati.
  • Uang 10 ribu rupiah sebanyak 3 lembar (30 ribu) sebagai rangkaian badan burung merpati..
  • Jumlah nominal yang saya rinci sebanyak 100 ribu dan sebanyak 49 lembar dalam satu burung menggunakan nominal 100 ribu, sehingga bila kita membuat mahar burung merpati dua buah, maka nominal yang terhitung adalah 200 ribu.

Double tip atau isolasi

Untuk bahan yang kedua yang harus anda rsiapkan yaitu double tip atau anda juga bisa menggunakan isolasi yang berfungsi sebagai perekat uang. Manfaat dari penggunaan double tape agar tidak merusak uang, karena bila menggunakan lem akan merusak kertas uang bila anda ingin memperbaharui uang tersebut jika ada kesalahan.

Gunting

Gunting disiapkan untuk memotong double tape / isolasi, bukan untuk menggunting uang kertas mahar, karena uang kertas dilindungi oleh negara dan tidak boleh merusaknya dengan cara digunting.

Manik-manik

Manik-manik yang kita gunakan adalah sebagai pemanis / penghias agar tampilan rangkaian uang menjadi lebih menarik. Aksesoris manik-manik bisa kita dapatkan di Toko alat jahit / toko perlengkapan pakaian. Pilihlah manik-manik yang sesuai dan tidak merusak visual dari rangkaian mahar uang burung merpati.

Frame atau bingkai

Bingkai digunakan sebagai wadah untuk mahar yang telah kita hias, biasanya Frame atau Bingkai untuk mahar mempunyai ruang dibelakang kaca sehingga tampak lebih indah bila dipandang. Jangan menggunakan bingkai foto karena tidak mempunyai ruang didalamnya yang hanya cukup menampung selembar kertas.

Kertas karton

Siapkan kertas karton warna apa saja, terserah anda mau warna kesukaan anda, bila anda ingin mengkreasi anda bisa menggunakan desain beckgraund kertas yang sudah di print, sehingga anda bisa berkreasi sesuai kainginan.

Selanjutnya, jika bahan material sudah dipersiapkan, langsung saja kita melipat satu demi satu uang kertas dengan kebutuhan sesuai bagian dari bentuk burung merpati.

Lipatlah semua unsur uang seperti pada gambar diatas, ingat!!! anda tidak harus terpaku pada contoh gambar, anda bisa mengkreasi dengan melipat sesuai insting dan temukan lipatan yang menurut anda tampak menarik. Setelah semua material terbentuk, langkah selanjutnya adalah menempel satu-demi satu dengan cara disusun sehingga menjadi bentuk burung merpati (kurang lebih seperti contoh gambar).

Demikain artikel singkat tutorial cara membuat mahar burung merpati dengan mudah, bila ada saran ataupun pertanyaan silahkan isi di kolom komentar, semoga bermanfaat. Terima kasih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *